http://btemplates.com/2010/blogger-template-cook-notes/

Selasa, 11 Februari 2014

Pisang Bolen Keju

bismillaah...


Aku sudah lama mem-bookmarked resep olahan pisang ini, resep yang paling bikin tertarik lihat dari kreasinya mbak Vivi di blognya jajane vivi. karena berbagai hal dan alasan, resep ini tak kunjung terealisasi... hyaahh... gitu deh, kalo penyakit lama kumat... (siapa yang tau, penyakit apa...?).. hihi...
penyakit "M" alias MALES... haha...
jangan merasa tersinggung yah, emak2 yang emang punya penyakit yang sama denganku... :D


malahan saking lamanya tertunda, aku baru inget punya bookmarked pisang bolen ini pas ngelirik postingannya Teh Ayu... hatur nuhun iye nya teteh, udah mengingatkanku... hehe....

oke lah, ini dia resepnya yang aku contek dari Mba Vivi, punten ya mba...:


PISANG BOLEN KEJU

Bahan-bahan

Bahan A:
100 gram tepung terigu protein tinggi
1 sendok makan minyak goreng
75 gram margarin

Bahan B:
200 gram tepung terigu protein tinggi
30 gram gula tepung (aku 1 sdm gulpas yg diblender)
80 ml air
75 gram margarin

1/2 Resep Bahan Dasar Olesan

Bahan Dasar Olesan (aduk Rata):
2 kuning telur
1 sendok makan air
1 sendok teh madu

Bahan Isi:
8 buah pisang raja (aku pisang nagka)
Keju melted secukupnya, potong kotak (aku cheddar parut)


Cara Pengolahan :
  1. Belah pisang menjadi 2. Isi dengan keju.Tutup lagi dengan pisang.
  2. Aduk rata bahan A. Bentuk bulat. Diamkan 10 menit.
  3. Aduk bahan B sampai setengah elastis. Diamkan 15 menit.
  4. Bagi adonan A menjadi 15 bagian, bulatkan. Bagi adonan B 15 bagian, bulatkan.
  5. Giling adonan B memanjang. Letakkan adonan A di atas adonan B. Lipat seperti amplop.
  6. Giling tipis adonan memanjang, gulung kemudian tipiskan lagi. Ulangi sebanyak 2 kali. Lakukan hingga adonan habis. Diamkan 15 menit.
  7. Giling adonan molen melebar. Letakkan pisang di tengah, kemudian bungkus dengan kulit. Rapikan. Oles dengan bahan olesan.(aku iseng diberi taburan wijen putih)
  8. Letakkan di loyang yang sudah dioles margarin. Oven 25 menit dengan suhu 180 derajat Celsius. Keluarkan dari oven.
  9. Oles lagi dengan bahan olesan dan oven lagi 5 menit.

hmmm.... saat hangat yummy banget, legit  dan pas manis gurihnya... saat sudah adem, enak juga, tapi legitnya berubah jadi empuk mirip tekstur nastar (lha...?)

bagi kawans yang mau nyobain resep ini, beneraaan deh kudu nurutin step by stepnyah, karena kemaren aku saat menipiskan kulitnya kurang tipis, karen maklum lah, dibantuin sama asisten kecil, jadi asal cepet kelar ajah gitu, but, overall, begini aja udah enak, apalagi yang kulitnya tipis berlapis yah...?

12 komentar:

  1. mau minta pasti sudah habis, hihi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti udah. Abis mba... hehe....

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Pasti udah. Abis mba... hehe....

      Hapus
  2. waaaa....enak nih mbak.... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba mimie... begini aja udah enak.. aplg yg lapisannya tipis dan banyak... hhhmmmmhhh.... :P

      Hapus
  3. Mbak linaaaaa....pasti aku udh ga kebagian yooo, huhuuu
    Ngiler euy.... Mendadak pengen makan bolen hikz...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hwaaa.. asyik dpt kunjungan dr mbakyu vivi...

      Hehehe.. iya mba, wong bikinnya dh lama jeh... ^_^

      Mf ya, hasilnya kurang maximal....
      Hehehe...

      Suwun lho ws mampir....

      Hapus
  4. waah....enaaknyaa...pengeen Mbaak >.<

    BalasHapus