http://btemplates.com/2010/blogger-template-cook-notes/

Rabu, 11 Februari 2015

Ayam Kuah Kuning

Bismillaah...



Mikirin lauk harian itu emang kegiatan emak2 yang dipandang gampang bagi orang2 yang tinggal makan yah, tetapi pada kenyataannya, bagi emak2 seperti saya yang selalu dikejar2 waktu, mikirin lauk itu kalo mau beres dan aman ya harus sudah dirancang dari malem sebelum tidur, jadee... kan enak tuh paginya tinggal belanja dan langsung uprek2...

 Saya rasa, kalo untuk bu ibu yang bener2 housekeeping banget alias kaga kerja di luar rumah, tentu sudah terbiasa dengan yang namanya ilmu merangkai menu makanan (aiiissshh......).. lha, kalo kaya saya, piye....?

Sebelumnya, saya mau curhat dulu...

Semenjak awal semester dua, saya mengurangi jam pelajaran di sekolah, jadi pagi itu dikurangi 2 jam pelajaran, otomatis, berangkat ke sekolah bisa rada siangan dan ada sedikit waktu untuk ngurus yang di rumah.... kalo tadinya kan masak2 cuma di hari Minggu, termasuk borongan nyuci + nyetrika...

Berhubung perut saya sudah semakin membuncit, ruang gerak dan energi juga rasanya sudah jauh beda, gak seperti hamil yang sebelumnya.... udah kepala "Tiga" sih ya.....?

:D

jadi, Alhamdulillah dari sekolah juga memahami keadaan saya, dan pengajuan untuk mengurangi jam pelajaran disetujui, ya eya laaahhh... wong Pak Kepseknya tinggal sekamar dengan saya....
whaahahaha....

;ah sudahlah... cukup curhatnya, nanti lupa lagi gak ngebahas resepnya.....





Nah, lauk yang paling mudah dan tentu didoyani oleh penduduk rumah ya rata2 ya menu ayam yah... nah, untuk mencegah adanya kebosanan, jadi ya kadang digoreng, dibakar, disate, disayur, dan di lain-lainin sampe sering juga jadi matigaya....

Kali ini ayamnya dibumbuin kuning dengan santan yang ringan ajah, karena seisi rumah kompakan gak terlalu suka dengan yang bersantan tapi terlalu kental...

Maree langsung ke resep yang bener2 simple....

Bahan :
- 500 gr ayam potong sesuai selera (saya bag. sayap)
- 2 gelas santan sedang
- 2 buah tomat (iris tipis)
- seasoning
- minyak untuk menumis
- 2 gelas air
- salam, sereh

Bumbu yang dihaluskan :
- 3 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 3 cm kunyit
- 3 cm jahe
- 3 butir kemiri

Caranya :
Tumis bumbu halus, salam dan sereh dengan api kecil hingga kering, masukkan air, biarkan hingga mendidih, masukkan ayam, masak hingga matang.
Masukkan santan dan seasoning. aduk terus hingga mendidih, masukkan tomat. icip rasanya. siap disajikan...

6 komentar:

  1. waaaa...ketauan judule KKN nih hahahaaaa....
    ni ayam dimasak kayak opor ya bu. Kalo dah nginep duh sedepeee....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ssssttt... jgn bilang sp2 ya...

      Iya mba, mirip opor tp lebih ringan santannya...

      Hapus
  2. enak donk ternyata kepseknya bisa dinego begitu..he he he...
    wah enak nih kalau ditambah tomat gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kepseknya cinlok sm sy mba...
      Hahaha.....

      Hapus
  3. Ya ampyuuun pak kepseknya curang tuh hahhhhhaha

    BalasHapus