http://btemplates.com/2010/blogger-template-cook-notes/

Rabu, 01 April 2015

Martabak Manis (Dengan Wajan Teflon)

Bismillaah...

Kirain udah mulai musim panas nih di Cirebon, eh ternyata masih turun hujan juga, bahkan ketika tanggal 11 Maret kemaren sempat kebagian banjir juga di Desaku yang tercinta, padahal daerah saya itu lumayan agak tinggi dibanding dengan desa-desa yang lain. Terakhir pernah banjir saat saya SD kelas 2 atau 3 (kalo gak salah), dan baru ada banjir lagi sekarang...

Alhamdulillah gak sampe masuk rumah, hanya bagian dapur saja yang kemasukan air karena memang dapur saya lebih rendah dibanding ruangan yang lainnya, untung kompor dan kawan-kawan gak ditaruh di bawah, selamet deh "Maenan saya"....


Bagaimana dengan di daerah rumah teman-teman? Mudah-mudahan semua selalu sehat dan selamat ya....




Nah, sekarang kita ngomongin masalah postingan kali ini.
Mana??? Katanya mau rajin ngeblog...? Hyaaah gitu deh teman, yang namanya emak2 pekerja (hah,,...?) kalo jam ngajar dah habis ya pengennya langsung nggelabrug alias bermanja-manja dengan bantal dan kasur... apalagi didukung dengan perut yang semakin di depan (Kaya iklan...)

Mohon maklum lah yah, karena sebenarnya alasan utamanya adalah males, hehehe... males moto2.. padahal sering banget bikin kue-kue, sayang juga sih sebenernya karena gak terdokumentasi...




Martabak manis ini udah lama banget resepnya aku simpen, sampe akhirnya tereksekusi juga sekitar dua bulanan yang lalu.. (et daaah... lama amat baru keposting)...

Resepnya nyontek dari blog yang menginspirasi, yaitu milik Mba Hesti, silakan klik Ajah.
Mohon izinnya mba...

Saya membuat setengah resep saja, karena dalam rogram coba-coba, kalo ajah sampe guagal yah kan gak kebanyakan mbuang modal... (irit bo....)

 Ini dia resepnya yang sudah dibagi dua :

- 250 gr tepung terigu serbaguna
- 25 gr gula pasir
- 1/2 sdm tepung sagu
- 1/2 sdt ragi instan (harusnya seperempat sendok teh, tapi takut kurang ngembang)
- secubit garam
- secubit vanilli bubuk
- 1 butir telur
- 1 gelas belimbing air
- 1/2 sdt soda kue

Bahan isian :
- margarin
- gula pasir
- keju parut
-SKM putih

Caranya :
Campur semua bahan kecuali air dan soda kue. Setelah tercampur rata masukkan air sedikit-sedikit hingga adonan kental. Diamkan selama 30 - 45 menit hingga berbuih.
Masukkan soda kue, aduk rata.
Panaskan teflon yang sudah dioles margarin di atas kompor yang sudah dialasi loyang bekas agar api tidak langsung menyentuh teflon, biar gak cepet gosong adonannya.
Tuang adonan ke teflon, biarkan hingga berbuih...
Taburi gula pasir sesuai dengan selera, tutup hingga adonan tidak basah...
Angkat, oles dengan margarin, taburi keju parut dan kucuri SKM
Lipat dua martabak, oles lagi kulitnya dengan margarin, potong-potong
Siap disajikan hangat...



Alhamdulillah, rasanya enak, seratnya juga lumayan keluar.
Karena saya menggunakan teflon 20 cm jadi martabaknya gak bisa besar atau tebal, tapi ini saja sudah cukup enak, nikmat apalagi saat masih hangat... hmmm....
Dari resep di atas bisa jadi 4 buah maartabak lho...

Selamat mencoba...

4 komentar:

  1. ikut prihatin deh dengan banjirnya. Bikin susah tuh banjir. kalodah surut yang bersihin lumpurnya bikin pegel banget. pegel ati juga hihi...

    BalasHapus
  2. Muhun mba... Alhamdulillah cuma bagian dapur ajah yg kena....

    BalasHapus
  3. sama bu gulu eikeh jg kalo ujan baniir mulu dapurnya hiks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mdh2n ga keulang lg deh...
      Masya Allah... ruempooong boo....

      Hapus