http://btemplates.com/2010/blogger-template-cook-notes/

Rabu, 13 Maret 2013

Onde-onde Ketawa

hahahahahaha...

lho, kok malah orangnya yang ketawa....
maaf atuh nya...
kue onde-onde ketawa ini memang banyak yang jual. di pinggir jalan ada, di warung dekat rumah ada, di pasar, di stasiun, di terminal... weeehhh.... gampanglah nyari ini kue. tapi.... prinsipku itu, kalo bisa bikinsendiri, ngapain beli??? kan lebih higienis dan sehat toh??? (preettt.... sok banget yak?)
aku udah lupa dari mana aku dapat ini resep, kalo gak salah aku dapat dari seseorang tetangga di Jakarta duluuuu banget. enak lah pokoknya.... yuk dipraktekkan, satu resep bisa untuk cemilan orang se rumah, pas, gak kemanisan deh, kalo menurutku lho yaa...

bahan :
- 1 butir telur
- 100 gr gula pasir (larutkan dengan 50 ml air hangat)
- 250 gr terigu protein rendah
- 1/4 sdt garam
- 2 sdm margarin (blue band)
- 1/2 sdt baking powder
- 1/2 sdt soda kue
- wijen putih untuk pelapis

caranya :
campur semua bahan kering dan telur sampai rata, bisa pakai tangan langsung. kemudian masukkan sirup gula, uleni sampai kalis alias gak menempel di baskom, masukkan margarin, gak usah dicairkan, asalkan ga beku dan bisa dicampur ke ulenan tadi.
bulat-bulatkan sebesar yah... kira2 kaya bola pingpong deh, jangan kebesaran karena nantinya dia akan mengembang dan mekar. lalu perciki sedikit air dan gulingkan ke wijen sampai seluruh permukaannya tertutup. goreng dalam minyak banyak tapi apinya kecil ajah. goreng sampai dia mekar dan garing bagian luarnya. angkat. sajikan.
sadaaappp......

6 komentar:

  1. Balasan
    1. heee... Sama dong ama si bungsuku, emang enyaakk...

      Hapus
    2. kering, jadinya krenyes2 tp dalemnya masih rada empuk...makanya sukaa

      Hapus
  2. betul tu... jadi rasanya kaya macem bolu tapi crunchy yah... azo bikin teh Ayu, pasti lebih bagus deh hasilnya...
    (ngerayu.com.... biar dikasih....)))

    BalasHapus
  3. sukaa tp blm pernah mbikin sndiri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemooon bikin umm... Anak2 pasti suka...

      Hapus