http://btemplates.com/2010/blogger-template-cook-notes/

Senin, 10 Maret 2014

Jambu Jamaika

bismillaah...

hay kawans, ada yang tau gak dengan jenis jambu yang satu ini?
namanya :

JAMBU JAMAIKA




 kalo mau tau infonya silakan baca info yang aku copy dari sini :

Mengenal Jambu Jamaika

Banyak mungkin yang bertanya, mengapa jambu air yang satu ini diberi nama “jamaika”. Apa ia berasal dari jamaika? Tidak ada yang tahu pasti di mana jambu nikmat yang satu ini berasal. Nama jamaika mungkin melekat oleh karena warnanya yang merah pekat. Pada saat buah jambu jamaika masih muda, warna kulit buahnya merah cerah dan pada saat ia matang, warna tersebut akan menjadi merah yang sangat pekat mendekati hitam. Buah jambu yang satu ini memiliki ukuran yang jumbo. Sepintas ia tampak seperti jambu jenis bol. Namun sebenarnya berbeda.

Soal rasa, jambu yang satu ini cukup nikmat dan tentunya manis. Dalam keadaan segar, daging buahnya terasa gurih saat digigit. Dagingnya juga jauh lebih padat dan lembut jika dibandingkan dengan jenis jambu air lainnya. Jambu ini masih langka di pasaran sebab memang yang membudidayakannya masih terbatas. Hal ini juga yang menjadikan harganya masih tinggi jika dibandingkan dengan jenis jambu air lainnya.

Jambu jamaika dalam bahasa inggris dikenal dengan nama Malay Apple. Nama ini melekat boleh jadi karena warnanya yang memang merah pekat. Jambu jamaika ini juga bagi sebagian orang dikenal dengan nama Jambu Darsono. Tak ada yang tahu alasan khusus di balik pemberian nama tersebut. Jambu jamaika ini bernama latin Syzygium malaccense yang secara harfiah bisa diartikan berasal dari malaka. Hal ini memang merujuk pada asalnya yang memang dari wilayah Melayu.

Manfaat Jambu Jamaika

Secara umum, jambu jamaika ini mengandung sejumlah komponen senyawa yang sama seperti jambu air pada umumnya yakni vitamin c, vitamin A, air, thiamin, riboflavin, serat, karbohidrat, kalsium, dan masih banyak lagi lainnya. Oleh kerena itu, secara umum manfaat yang diperoleh jika kita mengkonsumsi jambu jamaika ini kurang lebih sama dengan manfaat jambu air lainnya. Adapun sederet manfaat yang bisa Anda dapatkan jika rutin mengkonsumsi jambu jamaika ini antara lain kulit yang cerah dan segar, pencernaan yang lebih baik, mata yang lebih cerah, buang air kecil jadi lebih lancar dan masih banyak lagi lainnya.



aku baru tahu kalo ada jenis jambu kaya gini. awalnya, saat aku dan suami sedang menyusuri jalan di kawasan Kota Sumber, Cirebon, ada banak pedagangbuah berjejer menjajakan bermacam buah segar, seperti nangka, pisang, duren, menteng, bengkoang, dan banyak macemnya.... karena suami itu penggemar nangka, langsung deh berhenti untuk beli. saat asyik pilah pilih, mataku langsung tertuju pada buah yang bergantung di wadah jaring, langsung nanya, ternyata jambu itu jambu jamaika...

hyaahhh.. akhirnya tertari beli satu bungkus dengan harga 25ribu perak, kayanya sekitar setengah kilo atau lebih dikit kayanya, isinya ada 5 buah.




sampe di rumah langsung nyicipin, lha kok asrep n anyep gitu, apa emang begini rasanya? atau karena kondisi jambunya aja yang kurang seger lagi?

karena kurang enak kalo dimakan begitu ajah, aku inisiatif dibikin rujak ajah... lumayan buat seger-segerrrr... hehehe...

8 komentar:

  1. kalo di aku ini namanya jambu Dipa teh heheh.. baru tau tenyata disebutnya jambu jamaika yah.. jauh bener...

    BalasHapus
  2. oh ya?
    aku malah baru tau sekarang teh.. haha... :D
    ada juga yang nyebutnya "Jambu Dersono" bagus untuk ibu hamil katanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. dersono? wehhh jadi kyk nama bapak2 hihihi

      Hapus
    2. Hihi... iya... kabogohnA bu darsini...

      Wkkwkwkwk...

      Hapus
  3. jambu jamaika to ini ? baru tau kalo naamanya jambu jamaika. Kalo jambu Darsono setauku warnanya ijo, baik ketika masih muda ataupun sudah tua. Rasanya manis banget karena dulu pernah nanam di halaman rumah. Tapi akhirnya ditebang karena akarnya ngerusak pondasi bangunan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga blm tau yg beneran dinamakan jambu darsono/dersono tu yg ky apA mba...

      Wah sayang dong ya pohonnya d tebang... jangan2 termasuk tanaman langka kali mba....,,?

      Hehe...

      Hapus