http://btemplates.com/2010/blogger-template-cook-notes/

Jumat, 15 Agustus 2014

Urap Pisang Batu

Bismillah..




 Duh, kangen nge-posting nich kawan.. maklum, kalo udah mulai aktivitas suka rada2 sibuk gitu deh.... hihihi... paling cuma jalan2 ajah ke blog kawan-kawan tersayang....

Kali ini saya mau posting tentang sayuran yang dibikin bumbu urap. .. (Urap lagi...?) hehhhehe... iya, itu salah satu jurus jitu yang jadi favorit saya dan suami dalam memudahkan mengkonsumsi sayuran.

Perpaduan antara kencur, cabe dan terasinya itu kudu menonjol semuah, jadi kan bisa menutupi rasa dan aroma dari sayurannya,... hehehe... memang benar kawan, saya dan suami tuh sampe saat ini masih suka rewel kalo mengkonsumsi sayuran dalam keadaan mentah, jadi untuk menjaga asupan makanan jenis sayuran ini ya kudu diakal-akalin deh supaya bisa dikonsumsi dengan rasa yang nikmat...

Tapi Alhamdulillah, anehnya anak-anak kami ternyata pada suka sayuran, tanpa rewel dan tanpa pilih2.. doyan aja mereka... ^^ mungkin karena sudah terbiasa dari kecil udah diajarin doyan sayuran, gak kaya Enya Babenyah ... hihihi...

*Curang...



Nah, kali ini aku mau berbagi resep urap yang berbahan dasar pisang batu.

Di daerahku, pisang batu ini lebih populer dengan nama Gedang Kluthuk.
nah, yang dibikin urap kali ini yaitu bagian jantung dan buah pisangnya yang masih muda.
Ya eya lah, masa pisang yang tua, hihi... kan udah pada keras noh bijinya (batunya)

Karena kandungan getahnya sangat banyak, maka ketia merebus, pakailah panci yang udah jelek yah, karena kadang sisa getahnya rada bandel saat dibersihkan. Merebusnya jangan dipotong2, melainkan yah bulet aja gitu, supaya gak lengket banget karena getah tadi.

Setelah mateng, baru deh dipotong2 dan siap diolah...

oiya, untuk bumbu urapnya ya standar ajah, sesuaikan dg selera anda masing-masing...

Selamat mencoba... ^_^

4 komentar:

  1. eh baru tau gedhang kluthuk dibikin urap. Kagak sepet ya ? Setelah direbus dan diiris-iris dicampur sama sayur dan bumbu kelapa gitu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak sepet sama sekali mba,,, karena masih muda banget, biinya pun masih kecil2...
      sedep bgt mba...

      Hapus
  2. lha kalo direbus dah nggak mentah donk makk? *garukin monitor*

    BalasHapus
    Balasan
    1. ari masih mentah mah atuh masih ajah bau langu jigana teh...

      *bantuin garuk pake garpu...

      Hapus