http://btemplates.com/2010/blogger-template-cook-notes/

Minggu, 16 November 2014

Donat Kentang Ekonomis (dgn terigu protein rendah)

Bismillaah...

Lama saya gak bermain dengan adonan roti...

Berhubung masih ada dua biji kentang, pengen banget bikin donat kentang. Tapiiii... kebanyakan resep2 yg beredar menggunakan tepung terigu berprotein tinggi dan ada juga beberapa yg menggunakan protein sedang.





Karena di rumah cuma punya terigu protein rendah, tapi keinginan sudah terlanjur membulat... (ya beli atuh ceu....!!!)
Ya sudah, maksa ajah bikin... 
Selain penasaran dengan donat kentang, jd tambah penasaran juga dengan donat yg pake terigu protein rendah ini....




Karena menginginkan donat yang empuk, jadi aku bikin adonannya agak lembek sehingga proses mengadoni pun tidak terlalu heboh... :D

Resep inipun cukup ekonomis lho, karena untuk setengah kilo terigu cuma pakai 2 telur...


Berikut ini resep yang aku dapat dari tetangga yg sering bikin donat... 

Bahan Biang :
- 1½ sdm ragi instan
- 150 ml air hangat
- 1 sdm terigu
- 1 sdm gula pasir

Aduk semua, diamkan 15 menit

Bahan Donat:
 - 100 gr kentang, kukus, haluskan
- 500 gr tepung terigu protein rendah
- 2 butir telur utuh
- 100 gr gula pasir
- 2 sdm margarin
- ¼ sdt garam
- air secukupnya

Caranya:
Campur semua bahan, uleni hingga rata, buatlah agak lembek tapi tidak terlalu menempel di telapak tangan.
Diamkan 1 jam atau hingga mengembang 2x lipat.
Tinju adonan, uleni sebentar.
Pipihkan adonan setebal 1 - 2 cm.
Bentuk sesuai selera.
Diamkan sekitar 15 menit.
Goreng dalam minyak banyak tetapi apinya kecil hingga kuning kecokelatan.

Angkat dan siap dihias atau dilapisi gula icing...

Teksturnya empuuuuk banget, gak nyangka bakalan empuk begini, walaupun sudah dingin masih empuk walau tidak seempuk ketika hangat....

Selamat mencoba....
:D

12 komentar:

  1. ih bikin ngiler. Udah tahunan nggak bikin donat kentang. Males nguleni hihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rempong y mba... heheh... ga sebanding dg makannya, makannya mah cepet, bikinnya lama...

      :D

      Hapus
  2. suka makan donat atau punya bisnis donat? nih bisa bermanfaat loh donat yummy. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duuh... gak bakat saya mah berbisnis2... hehe... paling cm buat konsumsi org2 rumah aja Dewi...

      Heheh...

      Hapus
  3. ah elah ini fotonya gimana
    kesannya kok kaya donat jamuran gitu
    hahaha maap...

    BalasHapus
  4. Waaah... Mauu donatnya Mbaak...menul menul cakep ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Empuk bgt mi....

      Ayo bikin... yg ini dh ludes lama....
      Heehe...

      Hapus
  5. Saya kurang telaten klo mbikin donut Mbak.... Kapan hari saya bikin bulet aja, jadinya roti goreng... Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mi, emang enakan dibulet2 ajah... hehe... rasanya sama ajah...

      Hapus