http://btemplates.com/2010/blogger-template-cook-notes/

Rabu, 14 Mei 2014

Onde-onde (tanpa meletus)

BismillAah...

Onde2 ini kalo d kampungku d sebutnya "Bola-bola)... hehehe... pasti tau dong kenapa dinamain bola-bola.....

*simpel...

Nah, ini juga salah satu jajanan pasar paporit keluargaku.... karena rasanya itu lho yg bikin ketagihan...

Kalo menurutku pribadi, onde2 yg enak adalah yg memiliki kulit yg legit (bukan alot yah....), dengan isian yg tidak bikin sakit gigi... alias pas manis dan kelembutannya... baik yg di isi dg kcg ijo kupas ataupun utuh, walaupun sejujurnya menurutku lebih legit yg kcg ijo utuh, sayangnya kurang cantik dilihatnya... terus, kalopun ga langsung habis, kulitnya ga menjadi alot tanpa harus ditaruh di wadah tertutup...

Aku dah beberapa kali bikin sendiri, tapi ya itu, yg bikin nge-per adalah saat menggorengnya... kalo udah menjelang mateng, pasti si bola ini udah siap2 untuk meledakkan diri (halaaaahh...) yg akhirnya terpaksa d angkat dalam keadaan blm matang sempurna.
Untuk masalah rasa mah enak2 ajah...

Ada pula yg memberi campuran kentang kukus ke dalam adonan kulitnya, sayang aku belum mencobanya... kata review teman2 sih campuran kentang akan membuat kulitnya empuk walalupun onde2nya sudah dingin...

Saking penasarannya yah... aku sampe nanya ke tukang dagangnya di pasar.. (hehehe... semangat 45)
Alhamdulillah dia mau juga share resep onde2nya itu yg memang lumayan enak, walau teteup aja ada yg kurang perfect di lidahku namun onde2 produksinya itu bagus bgt bentuknya... gak atos ataupum meleyot... (bahasa jermannya keluar)

Nah...
Ini dia yah beberapa tips yg aku dapat dari ibu2 itu, kebetulan beliau jg salah seorang wali muridku jd asyik aja d ajak ngobrolnya...
(modus...)

1.  Untuk adonan kulitnya, beri campuran terigu dan sagu sedikit (250gr tepung ketan di beri 1 sdm terigu dan 1sdt sagu)

2.  Uleni dengan air hangat (larutkan gula pasir dg air hangat) uleni sampe kalis kira2 10menit


2.  Goreng dg minyak banyak dan hangat, bukan panas

(Deep fried kali yah maxutnyah...)

3.  Ketika menggoreng teruslah mengaduk biar dia melembung


4.  Ketika menggoreng untuk batch ke dua dst, matikan dulu api sehingga minyak tdk jd panas kemudian lanjutkan masukkan onde2, lalu baru nyalakan api kecil saja

Daaan... alhamdulilah sukses bo... ga pake acara pasang tameng krn takut kena Bom Onde2... hasilnyaapun pas bgt dgn keinginan....

Selamat mencoba yah...
Barangkali bermanfaat tipsnya.... silakan dipraktekkan...
okey...?



Tuh... kan... keliatan dalemnya berongga... hmmm.... enyaaakk...





( foto hasil jepretan tablet.. hihihi...
Alakadarnya...)

6 komentar:

  1. nyam nyam minta dong bu gulu. Jadi ngiler tuh onde-onde. Btw aku juga suka onde pake isian kacang ijo yang masih berkulit, bukan yang sudah dikupas. Lebih gurih ya nggak anyep gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss dulu deh mba...
      Hmmm... bikin kangen yah kalo onde2 macem ini....

      Hapus
  2. nyaaaaam...
    bulet kayak itu tuhh....
    *bola maksutnye....ixixiix

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oooohhh... bola yaaah?
      Kirain.....??#$%&@

      Hapus
  3. sy jg pernah kena bom onde2.. sampe kena muka segala jd trauma mau bikin lg.. thx tipsx mbak nanti d coba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, alhamdulillah kl pake resep ini ga ada acara bom2an... hehehe...

      Hapus