http://btemplates.com/2010/blogger-template-cook-notes/

Rabu, 25 Juni 2014

Kremes Ubi

Bismillaah...

Kremes ubi, atau ada juga yg menyebut sarang burung, atau mungkin ada lagi nama2 lainnya, merupakan jajanan jaduuul banget, semenjak saya kecil, kata ibu saya, ini jajanan sewaktu belio masih kecil, kebayang deh ini kue umurnya udah berapa tahun... lha sayanya aja sudah punya dua anak kecil...

Eiiiitttsss.... udah lah... males bertele2... keder mau nulis apa... heheeh...

Saya mencari resep ini di kang gugel... beberapa resep menyebutkan untuk menggunakan ubi merah untuk hasil terbaik, lha saat itu saya cuma punya ubi yang kulitnya merah tapi dalemnya putih... duuuuhhh ubi apa sih itu namanya... tapi ya sudah... daripada penasaran.. garap aja lah... ^^

Special notes to teteh Ayu :
" inget-inget ubi lagi nih judulnya ceu..."


Bahan :
500gr ubi, kupas, serut, rendam dengan 1 sdt garam
Minyak untuk menggoreng
150 gr gula merah, sisir halus

Caranya:
Panaskan sekitar 100gr minyak, masukkan irisan ubi sekitar 3 sendok makan, goreng hingga HAMPIR kering.
Kecilkan api.
Masukkan 1 sdt gula merah, aduk hingga gula meleleh. 
Segera angkat.
Panas2 langsung dibentuk sesuai selera.
Kalau saya, saya masukkan ke cucing talam, padatkan dengan sendok.

Sekali menggoreng hanya untuk 2 buah kremes.
Sabar yaaah... lakukan sampai habis....

Tunggu hingga agak hangat, keluarkan dari cetakan, lama2 akan mengeras...


Waaa... ini enak lho kawan... krenyes2nya garing, tapi gak alot kayak kawat ^^
Ini dikarenakan menggoreng ubinya tidak sampai kering, tapi cuma sampai hampir kering saja...


Oiya, awalnya saya kira minyaknya akan kotor karena gula yg caramelized, tapi salah, minyak tetep bening kok setelah ubinya diangkat...

So simple sebenernya.. tapi ya itu, kudu sabar dan telaten...
(Bukan gue banget)

Hehe...
Selamat mencoba...
Setengah kilo ubi dapetnya banyak lho
...
Sekitar 25-30 buah lah....

6 komentar:

  1. Ini sih paporit pisan.sygnya tiap mau bikin horeamna minta ampun hihi....
    Kayaknya hrs minta disponsorin sm mang lembu yah?hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha
      Etah hoream exis juga di dapurku..
      Hihihi...

      Hayu atuh teh di senggol etah si mamangna...
      Kali aja saya dapet cipratan ubi...
      * kikikikikik....

      Hapus
  2. tiap hari aku ketemu makanan ini di tukang sayur. Ternyata gampang ya bikinnya cuma harus sabar. Enak kriuk-kriuk....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba... nambah pengalaman ajah... hehehe...

      Hapus
  3. Pengeeen.... Males mbikinnya tapi, mintak Mbak Lina ajaa yaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo ummi... dengan senang hati... ^_^

      Hapus