http://btemplates.com/2010/blogger-template-cook-notes/

Jumat, 23 Agustus 2013

Pisang Molen

bismillah...

sore-sore gak ada cemilan, tapi inget masih ada beberapa biji pisang nangka di kulkas nungguin dieksekusi...

walaupun gak punya alat gilingan mie, aku memberanikan diri untuk bikin karena sekarang gak ngajar sore, jadi kan banyak waktu untuk bikin cemilan, sekalian menambah berat badan setelah rada turun dikit setelah puasa kemaren, hahaha.... turunnya 1 - 2 kilo eh jangan-jangan nambahnya 5 kilo, weleeehhh... bahaya dan bencana dong.... wkwkwk...

wes, ora pa pa, yang penting heppiiiii....

resep nyontek dari Sajian Sedap.
hanya saja aku skip baking powdernya, hasilnya tetap renyah dan pas manisnya, anak-anak suka, terutama Afa, ya iya lah, dia mah satu-satunya penduduk di rumahku yang selalu menghargai hasil kueku walaupun gagal, bantet, dia tetap makan... hihihi... paling untuk membedakan antara dia doyan atau doyan banget dilihat dari berapa banyak jumlah yang dia makan, gampang khan....? kalo kakaknya rada rewel, kalo mau makanin juga paling cuma dikit, kalo gak mau ya gak makanin sama sekali... hiks...

ini resep aslinya ya :
Bahan:
250 gram tepung terigu protein tinggi
65 gram gula tepung
1 sendok teh baking powder (aku gak pake)65 gram margarin
1 butir telur, dikocok lepas
1 sendok makan air es
minyak untuk menggoreng

Bahan Isi:
8 buah pisang uli, dipotong panjang 5 cm, dibagi empat bagian memanjang (aku pake pisang nangka)
100 gram keju cheddar, dipotong panjang 5x 1/2 x 1/2cm (gak pake)





Cara membuat:
  1. Ayak tepung terigu, gula tepung, dan baking powder.
  2. Masukkan margarin dan telur. Aduk sampai bergumpal. Tambahkan air es. Uleni rata. Diamkan 15 menit.
  3. Giling adonan di gilingan mi dari ketebalan paling besar. Mulai dari no.1 sampai no. 6. Tiap ukuran dilakukan 2-3 kali menggiling.
  4. Potong lebar 1cm memanjang.
  5. Lilitkan di pisang dan keju yang diletakkan berdampingan.
  6. Goreng dengan minyak yang dipanaskan di atas api sedang sampai matang.

12 komentar:

  1. di ceritanya pisnag nangka, di resepnya ditulis pisnag uli... galau nih si eceu..:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pisang apa pusing nih ya???
      Wkwkwk...

      Hapus
    2. gini nih kalo ABG masuk dapur...serba ketuker hehehe

      Hapus
    3. ABG singkatan dari ..............?

      Hapus
  2. aiiihhh...rajin banget bu guru ini...
    gak punya gilingan mie tetep nekat digiling manual. Mau dong aku dibantuin kalo bikin pisang molen biar nambah kekar gitu, hihi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya pan bikinnya cuma dikit buuuu... Hehe, kalo banyak mah bencana dong...
      Lha, ayo sy bantuin kl bikin molen bu, bantu nyicip, makan dan bw pulang... Hahaha... ;p

      Hapus
  3. aahh...jadi pengeen, kesukaan saya nih Mbak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. enyak um... cuma jangan keseringan bikin, bisa gempor tangannya, hehehe, nanti kalo punya gilingan mie boleh lah bikin resep yang baru-baru... :)

      Hapus
    2. wkwkwkk...beneerr...tangan jadi berotot kalo keseringen mbikin...hhehe...saya memang jarang2 mbikin, Mbak. agak ribet ngegilingnya soalnya :D

      Hapus
    3. betul tu umi... Hihihi... Repot...

      Hapus
  4. Mba Lina, kayanya pisang molennya enaaaak banget nih. Udah lama pengen bikin pisang molen yang kaya gini. Moga suatu saat terwujud. Mantep!

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaa... Senangnyah... Ada idolaku main ke sini...
      Iya mbak, memang enak... Gak kemanisan dan so pasti lebih bersih dan sehat... :)

      Makasih banyak dah mampir... Senang sekali deh...
      *big hug...^^

      Hapus