http://btemplates.com/2010/blogger-template-cook-notes/

Jumat, 08 Februari 2013

Rempeyek Renyah

Kriyuk...kriyuk...kriyuk.... gurih renyah garing enyak mantab passs banget untuk camilan dikala bengong ga ada temen ngobrol.... sambil dengerin musik favorit....
Rempeyek ini kalo di daerahku (Cirebon) sini disebutnya “Ronge-ronge” ga masalah campurannya kacang ijo atau kacang tanah atau juga kacang kedele, yang pasti dia itu disebut dengan nama yang sama.
Yuk kita simak resepnya, jangan ragu untuk dipraktekkan... menurutku ini udah pas banget, ga terlalu keras dan ga terlalu rapuh juga.
Bahan :
-          200 gr tepung beras Ro** Bran* (1 bungkus kecil)
-          1 sdm munjung tepung sagu
-          Kacang tanah (iris tipis)
-          Daun jeruk iris halus (optional)
-          1 butir telur
-          Santan encer atau air biasa juga ga apa2 secukupnya disesuaikan dengan keadaan adonan nanti
Bumbu yang dihaluskan :
-          3 siung bawang putih
-          3 bulatan kemiri
-          Kencur dikit banget (optional)
-          Garam, gula, penyedap
Caranya :
Campur semua bahan dan bumbu. Hati2 dalam menuang air ke adonan, jangan terlalu encer, kira2 sedang ajah...
Siapkan kuali/wajan cekung, isi minyak banyak dan panas yang stabil. Tuang adonan ke pinggir wajan, goreng sampai keemasan, ga usah nunggu sampai coklat karena setelah diangkat proses pemanasan masih berlangsung sampai minyak tiris... kalo di rumahku bikin ini dengan takaran segini, ga bakal bertahan lama karena setelah mateng langsung orang2 pada bolak balik mencomoti (wah, bahasa apa ini???)

2 komentar:

  1. Kalau buat rempeyek sering melempem, kenapa itu ya mbak? Tapi mudah-mudahan setelah pake resep yang ini gak ada lagi kata 'melempem'. Trims.

    BalasHapus
  2. memangnya pakai campuran tepung'y apa saja ya bang? Kalo resepku ini insya allah ga melempem bila setelah adem d simpan d stoples, awet, bs smpe setengah bulan...
    Sayang'y blm smpt foto...

    BalasHapus