http://btemplates.com/2010/blogger-template-cook-notes/

Jumat, 03 Mei 2013

Bakpao

bakpao.... bakpao...
bukan teriakannya orang jualan lho ya... tapi diriku yang berteriak sambil bercermin dan mengelusi keadaan pipiku yang seakan-akan kian mengembang seperti adonan dikasih ragi..

huuuu... gubragk...
gak papa, biar ndut yang penting baik di masa muda dan banyak yang menyayangi di masa tua nanti... opoooo toh...???

yo wes, cukuplah curhatnya...
ceritanya lagi penasaran dengan yang namanya bakpao, sebab emang belum pernah bikin. walaupun orang-orang rumah gak terlalu suka dengan sebangsa rerotian, tapi kutekadkan (alias nekat) untuk terus mencoba bikin..
searching2, dapet juga resep yang gampang dan bisa langsung dipraktekkan... sayangnya lupa dapet dari mana.. mf ya..

bahan :
- 250 gr tepung terigu protein rendah
- 75 gr gula pasir yang berbutir halus
- 1 butir telur
- 1 sdm ragi instant  (bibit roti, hah... jadul amat bahasanya yak...)
- 100- 125 ml air biasa/susu
uleni sampai setengah kalis, hati-hati dalam menuangkan air, dikit2 aja karena mungkin gak dipakai semua atau malah perlu ditambahi... kemudian tambahkan :
- 1/2 sdt garam halus
- 1 sdm mentega putih
uleni terus sampai kalis banget, tandanya tangan pada gempor dah, eh, bukan, adonan sudah elastis dan bagus. kemudian bulat-bulatkan dengan ukuran yang seragam, beri isian (coklat/ kacang ijo/ enten kelapa) kemudian bulatkan kembali sampai tertutup rapat. beri alas daun pisang dan diamkan selama 30- 45 menit di tempat yang hangat.
kukus 15 menit dengan api sedang. beri jarak antar bakpao nya ya, sebab di dalam kukusan dia masih akan mengembang lagi...
siap dihidangkan selagi hangat...

oia, ga tau yah, waktu masih hangat memang enak dan empuk, tapi semakin adem kok jadi keras... apakah memang begitu atau ada yang salah// hmmm... entahlah. so far, lumayan juga sih...


5 komentar:

  1. gambarnya lg menyusul siapa?:P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menyusul speedy yg super duper lemoootzz...

      Hapus
  2. ga perlu gambarnya gapapa asal bakpao nya dikirim ke kumamoto sini ya Mbak ;)

    BalasHapus
  3. Subhanallah... Ada2 aja ni permintaannya bumil...
    Kira2 kumamotonya RT brp ya????

    BalasHapus
  4. Membuka Usaha BakPao sekarang bisa membuat omset Jutaan loh silahkan klik Bisnis Usaha BakPao Dengan Omset Jutaan Salam Sukses. :)

    BalasHapus