http://btemplates.com/2010/blogger-template-cook-notes/

Rabu, 08 Mei 2013

Sop Iga Kambing



Cuaca belakangan ini makin aneh, bentar-bentar panas eh gak lama terus hujan gede… udah hampir seminggu Cirebon sering hujan dan gerimis, tentunya membuat perut  menjadi sering lapar…
Nah, kalo sudah begini, enak banget kalau makan ditemani lauk yang berkuah hangat. tapi berhubung lagi kurang mood ngulek-ngulek bumbu, jadilah sop ini dengan bumbu yang simple dan minimalis, niatnya sih supaya lebih nonjok rasa dari daging kambingnya…
Walhasil benar saja, uweennaaaakk, mantap suegerrr dan yang jelas gak mblenger dengan bumbu-bumbu. Masaknya dengan lada yang sedikit saja supaya anak-anak gak kepedesan, tapi kalo untuk ibu bapaknya ditambahi lada di mangkoknya waktu akan disantap, huh haaahhh panas pedesss….
Ni dia resepnya :

-          500 gr iga kambing
-          100 gr wortel, iris
-          2 tangkai daun bawang, iris
-          2 buah tomat ukuran sedang, iris
Bumbu-bumbu :
-          5 siung bawang merah, iris
-          5 siung bawang putih, iris
-          2 cm jahe, iris
-          2 lembar daun salam
-          2 batang sereh
-          Lada bubuk secukupnya
-          Garam, gula, masak* sapi
-          2 sdm minyak goreng untuk menumis

Caranya :
Bersihkan iga kambing, langsung rebus menggunakan panci presto (biar cepet…) kalo aku  20-30 menit setelah panci berdesis, hilangkan uapnya, buka panci.
Tumis bumbu sampai harum, masukkan ke rebusan iga tadi. Panaskan kembali panci tanpa ditutup. Masukkan wortel, lada dan seasoning, rebus sampai wortel matang.
Matikan api, masukkan tomat dan daun bawang. Kalo di keluargaku kurang suka kalau daun bawangnya mentah, jadi ku masukkan sesaat setelah api dimatikan, jadi kan daun bawang dan tomatnya setengah mateng dan gak terlalu bau. Siap disajikan… menurutku ini ga usah ditaburi bawang goreng lagi sebab sudah dijadikan bumbu tadi. Tapi ya terserah saja deeh…


8 komentar:

  1. sayang aku gak makan kambing teh:(

    BalasHapus
  2. alhamdulillah...
    Aku juga paling dikit aja makaninnya... Lemak bangaaaat dah... Atuuuut...

    Jd penapsaran, kok takut ama daging mbe, jgn2 bodynya sama ama aye... Hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oowh tentu tidak ...
      emang di rumah gak ada yang doyan teh, gak kuat baunya..amboooy bau kambing...*kabur naek ojek

      Hapus
    2. makanya pandai2lah memilih daging kambing, pilihlah yg bersih dan memakai deodorant...

      Hapus
    3. *camplungin deodoran ke sop*
      berasa makan ketek kali ya?:D

      Hapus
    4. Parrraaaaaahh teh ayu.....

      Hapus
  3. waah...disini susah nyari iga kambing...iga sapi aja belum tentu ada :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. adanya boneless semua ya um dedagingannya? Sampe ayampun juga boneless... Enak sih ga usah mem-fillet, tp kl untuk yg berkuah kaya'y mantepan yg msh ada tulangnya kali ya umm...

      Hapus