http://btemplates.com/2010/blogger-template-cook-notes/

Kamis, 10 Oktober 2013

Kue Cucur



bismillah...


Saudarra-saudarra mungkin sudah tau semua ya, apa yang namanya Kue Cucur. salah satu panganan tradisional yang entah awalnya berasal dari daerah mana ini memiliki keunukan tersendiri. bentuknya yang unik dan tekstur yang kenyal-kenyal rada alot juga kalo sudah dingin, membuat aku pribadi menjadi penasaran akan serat bolong-bolong seperti caramel cake itu...

Rasa manis dan harum khas gula merah menjadi kesan tersendiri sebagai ciri khas kue tradisional.
berbekal resep dari Mba Rina Audie Dapur Manis, akhirnya aku beranikan diri untuk mencobanya (halaaaah...)

makasih ya say, untuk share resep ini.... hehehe...

Sebenarnya, sampai sekarang pun kue ini mudah ditemui di pasar-pasar tradisional, tapi ada sebuah memori yang sampai sekarang masih begitu hangat dalam ingatanku. zaman SD dulu, kan aku tinggalnya di lingkungan yang banyak orang asli Betawi, dulu mah banyak orang yang hajatan nanggapnya Layar Tancep.

Poto : Kang Gugel 
Nah,  inilah saat-saat yang paling ditunggu, eiiiitsss... bukan mau nonton filmnya yah, paling yang waktu doeloe ngetop itu sekitar film Warkop, Barry Prima ataupun Geger Rudi (aih... George Rudy)... yang aku tunggu itu adalah jajaran nenek-nenek yang jualan jajanan tradisional di hampir sepanjang jalan menuju tontonan rakyat itu. mereka berjualan dengan sebuah bakul besar dengan tampah di atasnya yang berisi jajanan semisal : cucur, getuk, lupis, klepon, dan lainnya (aku rada lupa). yang seringnya aku beli itu ya cucur dan getuk saja. 
lancangnya mah, masih bisa kerasa rasa jajanan puluhan tahun itu... hehehe... lebeyyyy...
ya sudahlah, sekian ulasan memorinya ya kawans... kali ini mari belajar membuat Kue Cucur....


Seperti yang sudah aku senggol di atas tadi, aku dapet resep dari Mbak Rina Audie, ini dia resepnya plek keteplek aku tiru karena kalo mbangkang takut gagal, hehe....


Kue Cucur Klasik ala Mbak Rina Audie :
bahan :
375 ml air
100 gr gula merah, sisir tipis
50 gr gula pasir
2 lbr daun pandan (gak punya, jadi gak pake)
250 gr tepung beras
25 gr tepung terigu (saya pake protein sedang)
1/4 sdt garam

Cara membuat :
1. Rebus air, gula merah, gula pasir dan daun pandan sampai mendidih dan gula larut. Saring dan biarkan hangat/suam kuku.
2. Dalam wadah besar campur tepung beras, terigu dan garam aduk rata. Tuangi ±250 ml air gula hangat sambil diuleni menggunakan tangan. Adonan akan menggumpal, uleni terus selama 10 menit. Masukkan sisa air gula sambil diuleni lagi sampai rata (bentuk adonan sedikit encer). Tepuk-tepuk menggunakan telapak tangan selama 15 menit (saya pake mixer speed rendah selama 15 menit).
3. Tutup adonan kemudian diamkan selama semalam.
4. Panaskan wajan cekung kecil, isi dengan 5 sdm minyak goreng. Aduk-aduk adonan sampai kedasar wadah supaya tepung yang mengendap bisa tercampur rata. Setelah panas tuangkan adonan sebanyak 1 sendok sayur. Biarkan serat terbentuk di permukaan kue. Setelah serat terbentuk dan bagian tengah menggelembung, tusuk menggunakan lidi sambil disiram-siram minyak supaya matangnya rata. Goreng sampai matang. Angkat dan tiriskan. Lakukan terus sampai adonan habis.



Note :
1. Tuangi tepung dengan air gula hangat kuku (sedikit panas) sampai menggumpal kemudian diuleni. Setelah air gula dituang semua jangan lupa adonan ditepuk-tepuk/dimixer. Ini bertujuan memasukkan udara ke dalam adonan supaya bisa berserat banyak. Setelah itu diamkan semalam
2. Ketika menggoreng gunakan api agak kecil dan pastikan minyak sudah panas. Minyak yang digunakan tidak perlu banyak. Asal kue terendam sedikit sudah cukup.
3. Setelah dituang ke atas wajan, perhatikan, serat akan terbentuk dari pinggir ke tengah. Setelah penuh dengan serat, bagian tengah akan menggelembung sedikit. Segera tusuk menggunakan lidi sambil disiram minyak supaya matang. Ketika masih basah kue akan lengket di wajan, siram terus sampai kue matang dan agak kering. Setelah matang kue akan terlepas dari wajan.
4. Setelah kue diangkat, tunggu minyak supaya panas kembali dan suhunya stabil. Selain itu aduk adonan sesaat sebelum dituang agar tidak mengendap.
aku membuat adonan di pagi hari trus karena udah gak sabar, sekitar jam 2 siang udah mulai aku goreng, alhamdulillah yah, ternyata berhasil pemirsah... seratnya terbentuk, tapi sayang pinggirnya kurang keriting. masalah rasa sih gak jauh beda sama yang dulu di Betawi...  hihihi...
aneh ya kawans, tanpa baking soda/ baking powder/ ragi  atau bahan tambahan makanan lain, eh dia bisa berserat layaknya caramel cake... sayang proses menggorengnya gak sempet difoto, rempong say... :)))





alhamdulillah anak-anakpun doyan, aku makanin 2, ibuku 1 dan selebihnya anak-anak... 
lha, bapaknya gak dibagi bu?
hehehe.... bapaknya lagi gak ada, masih di campus, ngurus SK Pembimbing Tesis...
(emang enak, gak kebagian... hihihi)

hasil jadinya sekitar 10 atau 12 buah lah, ukuran sedang. 

alhamdulillah,,, senangnyah....

special notes :
to Mbak Rina Audie :
mbak, makasih resep dan trik fotonya yah... hehehe....

4 komentar:

  1. sama-sama mb Lina. Gampang kan bikin cucur sama fotonya, hehe...
    Biarpun resep sama plek tapi hasil tetep beda ya. Yang penting orang rumah doyan semua. Ya nggak ?

    BalasHapus
  2. ya mba... hehehe... tapi hasil fotonya masih terlihat aneh ya, gak kaya hasil karyanya mba Rina, hehehe....
    makasih ya say... :)

    BalasHapus
  3. saya jg pengen nyoba ini....blm kesampaian :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo bikin mi, tanpa food additives lho...

      *kompoorrr...

      Hapus