http://btemplates.com/2010/blogger-template-cook-notes/

Jumat, 18 Oktober 2013

STMJ

bismillah...



nah, kalo ini minumannya si Bapak kalo terserang masuk angin, hihihi... yah, gitu deh, karena sering ke mana-mana naiknya montor, padahal mah udah pake jaket tebel, sepatu, rapet lah, tapi ya itulah, namanya angin bisa nyelundup dari sela sekecil apapun..... maklum, mobilnya masih disimpen di sonoh!!! ^^

tapi setelah sering minumin STMJ alias :

* Susu
* Telur
* Madu
* Jahe


khasiatnya jelas terasa untuk bapak, badannya langsung terasa hangat dan berkeringat, kemudian tidur pulas dan bangunnya biasanya sudah terasa mendingan.

okeh, capcuz ini dia resenya :

- 1 umbi jahe sekitar 250 - 300 gr. bersihkan, bakar dan geprek
- 2 butir kapulaga
- 3 butir cengkeh
- 4 gelas air

(rebus semua hingga air tersisa 2 gelas)

- 1 sachet SKM putih
- telur ayam kampung (ambil bagian kuningnya saja)
- 2 sdm madu murni (atau madurasa juga gapapa)

cara penyajian :
tata telur, madu dan susu di gelas, beri air jahe selagi mendidih. aduk dan siap disajikan...

bila air jahenya mendidih dan telurnya bercampur madu murni maka itu akan mematangkan si kuning telurnya, dan memang gak terlalu amis, karena tertutup oleh uap dan rasa dari jahe dan rempah.
kata bapak, nah, gini nih, jamu tapi enak, daripada minumin obat, mendingan yang begini bu...

hehehe,.... alhamdulillah....
tapi kalo aku pribadi, kalo suruh minum beginian, hiiiiiiii..... dibayar ceban juga ogah!

(tapi kalo gocap muingkin akan dipertimbangkan!!!)

12 komentar:

  1. Biasanya sih saya menyeruput STMJ ini dengan membeli di toko atau supermarket terdekat, karerna memang ada kemasan praktis (sachet) STMJ. Enak sih karena bisa membuat badan jadi hangat terutama jika sudah musim hujan seperti sekarang ini di Pontiank

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak, suami saya pun pernah nyoba, tapi katanya kurang enak, enakan bikinan ibu... hihihi...
      *kembang kempis...

      emang di Pontianak udah musim hujan toh pa? D Cirebon masih panazzzz.....

      Hapus
  2. sama aku jg biasanya beli jadi, ngeri soalnya kalo minum telornya langsung:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo babenya anak2 mah udah biasa teh jamu telor... di telan langsung biasanya, apalagi dicampurin jahe dan kawan2, keenakan dia...
      hehehe...

      Hapus
    2. he'em hebat, aku mah ngeri hihihi

      Hapus
    3. sama bu, aku juga ngeri, yang doyan mah babenya anak2... hehehe... cuma bikinin doang sayah mah...^^

      Hapus
  3. judulnya bau iklan banget, hihi....
    sampe sekarang belum berani minum STMJ ini, takut sama telurnya, hehe.....padahal kalo diliat, itu telur udah mateng ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, sama... katanya sih kuning telur diperlakukan seperti itu udah bisa mateng, tapi ya aku juga masih ngeri.... hihihi....
      karena itu obat mujarab untuk bapak, jadi yah... aku sih cuma bikinin ajah... ^__*

      Hapus
  4. Balasan
    1. saya juga mi, cuma bikinin ajah... hehe...

      Hapus
  5. Kayaknya enah deh
    Selama ini tiap pulang, ibue Ncip sukanya bikinin teh jahe. Teh poci dikasih jahe yang dibakar ditambahin gula batu dikit...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasih susu dikit pak, menambah khasiat juga katanya mah... sekali-kali ibue bikin STMJ ini pak, enak diminum kalo abis perjananan jauh...

      Hapus