http://btemplates.com/2010/blogger-template-cook-notes/

Jumat, 18 Oktober 2013

Sambal Kacang

bismillah...



hay blog....

sebenarnya sih resep ini gak terlalu mutu lah ya, secara, semua emak2 di luar dan di seberang sana pasti udah ngarti semua lah bikinnya, nah, tapi ada satu hal yang mendorong diriku untuk memasangnya di blog ini karena kebetulan njepret fotonya itu pas banget (narsis abisss....) kayaknya sayang aja gitu kalo untuk di delete.. ^_____*

tapi, yah, barangkali ada yang penasaran juga dengan resep sambal ini, dengan ikhlas aku tulisin resepnya yah :

- 5 buah cabe merah keriting
- 5 buah cabe rawit
- segenggam kacang tanah goreng (di kampung biasa disebutnya kacang sambel..)
- seasoning
- 2 buah tomat, iris tipis
- 2 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- kecap manis
- 3 sdm minyak goreng

caranya :
haluskan cabe, kacang tanah hingga halus, sisihkan.
iris tipis bawang merah dan putih.
panaskan minyak, tumis bawang hingga harum, beri sedikit air (sekitar 100 ml), masukkan sambal kacang yang dihaluskan tadi, beri seasoning, kecap dan tomat. masak terus hingga mengental, bila perlu tambahkan lagi airnya sedikit.

ini sambal andalan lho, enak untuk menemani ayam goreng ataupun lalapan sayuran...

hati-hati ketika menunggu sambalnya mengental yah, karena ya itu, pasti bersin2 karena si cabe yang ketemu minyak panas.... hehehe... tapi gak papa lah mak, justru malah bikin seru kok... ^^






tuh, keren khan fotonyah.... ini triknya diajarin sama Mbak Rina Audie lho....
makasih banyak ya say.... :)))


8 komentar:

  1. wiiih tinggal ayam ma nasinya nih...
    embaaaaattt cuyyy!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, ya biasa, teteh yg masak lauk, saya yg bikin sambelnya, okeh....?
      kirei mana ya,..... miss you beb.... ^^

      Hapus
    2. boleeeh, tapi yang makannya aku aja hehhe..
      ada nih lagi maen game :D,
      aku pengen nyobain sambelnya tapi airnya mati trs hese masak uyy,,,

      Hapus
    3. napa tuh airnya mati? karena kemarau kitu...?

      Hapus
    4. semoga yang ditinggal diberi kesabaran dan segera mendapat penggantinyah...

      Hapus
  2. kasih lalapan jg ok, jadi pecel ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju, tapi sayurannya yang mateng ya mi...

      Hapus