http://btemplates.com/2010/blogger-template-cook-notes/

Jumat, 31 Mei 2013

Topo Map Love Cake




Telat kale bu… ke mane aje…?
Biarin ah, walau cake ini sudah banyak yang mempraktekkan, tapi aku tetap bersemangat menuntaskan rasa penasaran untuk membuatnya karena sudah lumayan lama resep ini menjadi daftar tunggu di catatanku untuk segera dipraktekkan…

Tingkat penasarannya sebenarnya tidak utama pada rasa dari cake ini, kayanya rada mirip Buttertype cake (lha emang khaaan…) tapi penasaran yang mengganggu pikiran yaitu, kok bisa ada motif yang bentuknya begitu di tengah cake yah, hasil jadinya bagus banget lagi. Bisa gak yaaa….?
Kebetulan kalo cake yang buttertype itu yang paling disukai ibuku, so, gak ada alasan untuk menunda pelaksanaan membuat ini cake… let’s do it bu…..

Resep asli dilihat dari Mbak Hesti, hanya saja sedikit diacak-acak karena aku gak punya susu evaporated, seumur-umur belon pernah aye ngeliat itu macam susu, apalagi ngerasain, boro-boro daaah… (kesihaaaan…) ya sudah akhiirnya aku bikin setengah resep dengan sedikit utak atik bahannya. Maaf sebelumnya ya mbak, resepnya jadi gak original lagi…

Aku pake Loyang loaf (kata tukang loyangnya “ini namanya Loyang lop untuk bikin bronis neng”…glek… kebetulan waktu beli sekalian beli Loyang muffin, kata orang dagangnya, “nah, kalo ini Loyang mapin”… hah?)

Ya udah, pas dah untuk bikin setengah resep Topo Map LOP Cake… (pake “P”)
Ini dia bahannya :

Bahan :
-          150 gr margarine/butter
-          150 gr gula pasir
-          3 butir telur (suhu ruangan)
-          150 gr tepung terigu protein rendah
-          3 sdm susu kental manis putih
-          2 sdm bubuk cokelat
-          Pasta pandan secukupnya
-          Baking powder (gak pake, tetep ngembang kok)

Caranya :
Siapkan Loyang loaf, beri olesan margarine dan terigu. Sisihkan.
Kocok margarine dan gula hingga gula larut, masukkan 2 butir telur lanjutkan mengocok kemudian masukkan sebagian tepung terigu, kemudian masukkan sisa telur dan terigu, kocok hingga adonan tercampur rata dan lembut, masukkan susu, aduk rata.
Ambil 1/3 bagian adonan beri pasta pandan, aduk rata.
Set oven dengan api sedang.
Tuang adonan putih ke Loyang, taburi bubuk cokelat dengan cara mengayaknya hingga permukaan tertutup semua. Masukkan adonan pandan, ratakan, beri ayakan bubuk cokelat lagi, terakhir masukkan sisa adonan, ratakan permukaannya tidak perlu diberi cokelat. Sebelum dimasukkan ke oven, hentakkan Loyang dengan perlahan untuk mengeluarkan gelembung udara yang kasar.
Oven hingga matang, sekitar 20 menit. Lakukan tes tusuk. Setelah matang, biarkan agak hangat baru keluarkan dari Loyang, potong ketika sudah dingin untuk memudahkan pengirisan dan agar cake tidak hancur. Siap disajikan.

Daaaaannn. Subhanallaah…. Tjakeeeep banggets… jadi bro…. cake peta yang membuat penasaran, akhirnya aku bisa membuatnya sendiri… hihihi… wawww… emejing banget deh… dan tentunya anak-anak langsung suka dengan penampilannya dan juga rasanya… hmmm…. Kalo untuk aku pribadi, masalah rasa soal belakangan (khusus untuk cake ini ya…) tapi yang terpenting itu motif map  nya itu lho jeng….
Wuiiih… si O-Tang (oven tangkring) ku memang hebat, dia emang murah meriah tapi bisa menciptakan banyak macam cake yang orang lain membuatnya dengan menggunakan oven yang KeCy  and mahal…
(sambil meneteskan buliran air mata… *kecolok tusuk sate)

Oia, satu lagi yang membuat perasaan senang, karena udah dari pagi ngeluarin margarine beku dan telur dingin dari kulkas, nungguin pada pas temperaturnya, ditinggal ke mana-mana dan ngerjain kerjaan yang lain, pas nyampe rumah, mati lampu bro…. haw…. Tidaaaaakkk!!!!! Terpaksa mencari-cari keberadaan pengocok telur manual yang bentuk spiral itu lho… ketemu juga, langsung cuci, keringin dan beraksi melanjutkan asa yang sempat tertunda (apa siiih….!) ngocok pake tangan bro… membuat cake yang menurutku berhasil ini memiliki nilai perjuangan tersendiri, hmmm cecuatu bangat dah jeeng… walau gak nyampe banyak berkeringat, tapi keingetan mulu ama mixer, tapi sudahlah toh perjuangan telah membuahkan hasil…
Betul…?

4 komentar:

  1. susu onoh mah bnyak di cerpur teh:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. atuh jauh kerpurnya teteeeeh... males banget... cuma nyari susu doang mah... pergunakan saja yang ada dehh...
      wihiiiyyy... :)

      Hapus
  2. motif petanya selalu mengejutkan ya Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya um, hebat bgt yg menemukan idenya... Dan yg lbh membuat hebat lg, diriku bisa membuatnya ummmiiiiiiii....
      *teriakkkk...

      Hapus