http://btemplates.com/2010/blogger-template-cook-notes/

Jumat, 07 Juni 2013

Bolu Kukus Zebra Non Soda



Hmmm… seru deh kalo udah menemukan resep andalan (cieee...)
 Contohnya resep Bolu Kukus 200 miliknya ibu Fatmah Bahalwan ini, terima kasih ya ibu Fatmah, semoga ilmu yang kau bagikan menjadi berkah… amin…

Ceritanya lagi iseng pengen di bikin rada macem-macem gitu… hehehe… selama ini kan belum berani di modif2, takut malah jadi gagal tuh bolkusnya. Aku kan kalo bikin Cuma setengah resep, jadi kalaupun gagal kan gak terlalu eman kalo harus dibuang… (kejaaaaam….) tapi apabila berhasilpun anak-anak dan aku pribadi juga gak terlalu doyan.. (lho…?) paling ya Cuma mau coba-coba ajah.
Tak disangka dan tak diduga, bolkusnya berhasiiiiillll… cuakeep banget, mekar dan motifnya juga cantik… ini dia resepnya :

bahan :

-          100 gr tepung terigu serbaguna
-          100 gr gula pasir
-          1 butir telur (suhu ruangan)
-          100 ml air biasa
-          Emulsifier
-          Pasta cokelat secukupnya

Caranya :

Siapkan cetakan bolkus, alasi dengan paper cup secukupnya.
Campur semua bahan kecuali pasta cokelat. Mixer dengan kecepatan tinggi sampai kental-tal-tal… ini syarat mutlak lho ya…
Ambil setengah bagian adonan, beri pasta cokelat, aduk rata.
Panaskan panci kukusan. Bungkus tutupnya dengan kain bersih.
Sendokkan adonan ke cetakan berselang seling. Tempatkan tiap sendok adonan di tengah-tengah. Lakukan sampai cetakannya penuh.
Kukus 10 menit dengan api besar.
Daaaan…. Inilah saat yang paling ditunggu dari semua proses tadi, waktunya membuka tutup panci …..
Yeah….
1… 2… 3… baaaa…… wuaaaaa…. Cantiiik… mekar semua… itu motifnya…
Langsung loncat-loncatan… (lebay yah…) haduh… skaing senangnya diriku, sampe tidak memikirkan Cirebon yang merasakan getaran akibat loncatanku tadi… hfyuuhh….
Alhamdulillaah….

6 komentar:

  1. padahal ke bandung nyampe 10 Skala richter nih gempanya huahaha sumpe cakep bgt bolkusnya gak pke soda lagi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduww... Bisa masuk rekir Muri dong diriku teh...?? Getaran terasa sampe jarak 120 km..
      Ck ck ck ...

      *mbanting langseng!!!

      Hapus
  2. Makasih udah berbagi. Kebetulan mau bulan puasa, resepnya perlu dicoba. Happy weekend.

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo d coba resepnya...
      Happy weekend juga...

      Hapus
  3. cantiiiikkk zebranya lho...
    ini sama dengan resep favoritku nggak pake soda...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ho oh mba rina... Gaya2an... Hehehe...

      Hapus