http://btemplates.com/2010/blogger-template-cook-notes/

Rabu, 05 Juni 2013

Kue Soes

kue soes ini makanan favorit semenjak kecil. dulu itu waktu jaman SD yang jualan belum terlalu banyak. pedagangnya pake gerobak dorong dengan wadah dagangannya dari kaca bening jadi bisa kelihatan kue-kue yang tjakeeuup... dulu aja harganya Rp. 500/buah. tapi gede memang sih, makan satu juga udah kenyang. semua kuenya dijual dengan harga yang sama. teman-temannya soes itu misalnya lemper, risoles, pastel, dadar gulung, bugis, nagasari, trus ada semacam cake warna coklat rada gelap tapi gak tau namanya, kayanya caramel cake. tapi aku gak pernah beli.

back to soes...
gak nyangka bakalan bikin kue ini. enyaak lagi, kulitnya empuk, isinya lembut dan manisnya sedang jadi gak bikin eneg.

waktu bikin kue ini, kan aku bikin adonan kulitnya dulu. sau resep dipanggangnya 2 rombongan (2 kali maksutnya), anak-anak langsung ribut kepingin nyobain, sejak pertama proses mereka ribut nanya ini itu, tapi aku bikin penasaran, udaah, nanti aja lihat hasilnya yah... walhasil mereka tambah penasaran, kulit soes yang melembung dan baru keluar oven diambil pake garpu dan dicobain, lha kok asrep bu? (asrep = tawar) hahaha.... ya iya laaaahhh... kan belum jadi...
akhirnya mereka pun terpaksa menunggu lagi sambil rada cemberut masuk kamar mainan lagi...

setelah vla jadi, langsung disajikan dan ya itulah hasil jadinya, mereka suka... suka... sukaaaaaaaa..... sekali.... senangnya hatiku....

bahan kulit :
- 150 gr margarin
- 250 ml air
- 150 gr tepung terigu serbaguna
- 4 butir telur
- 1/4 sdt baking powder (bila perlu)

bahan isi :
- 2 gelas belimbing susu cair (aku SKM putih yang diberi air hingga 600 ml)
- 75 gr tepung maizena
- 50 gr tepung terigu
- 2 sdm gula pasir
- 2 kuning telur
- 1 sdm margarin

caranya :
kulit :
didihkan air dan margarin, kecilkan api, masukkan terigu langsung aduk hingga bergumpal. matikan api. aduk-aduk terus hingga suhunya jadi hangat. masukkan telur satu per satu sambil diaduk pake sendok kayu aja cukup yah... tapi kalo mau pake mixer ya boleh... kemudian masukkan baking powder bila pakai.
adonan akan sedikit lengket saat diberi telur, don't worry, aduk terus ya jeng, nanti juga akan kalis.

panaskan oven dengan api besar.
masukkan adonan ke pipping bag.semprokan menggunakan spuit bintang atau sesuai selera. bentuk melingkar dan rapatkan di atasnya.
panggang sampai mengembang dan kokoh sekitar 10 menit, kecilkan api lanjutkan mengoven sampai sekitar 5 - 10 menit lagi.

vla :
campur semua bahan kecuali telur dan margarin. jerang di api kecil hingga mengental dan meletup-letup. angkat. langsung masukkan kuning telur. aduk terus dengan sendok kayu. terakhir masukkan margarin, aduk hingga margarin cair dan semua  adonan tercampur rata.

penyelesaian :
gunting kulit soes tapi jangan terputus. beri isian vla. tangkupkan kembali., siap disajikan.

enaaaak sekali, rasanya mirip kaya yang waktu SD doeloe...
gak nyangka sama sekali bakalan bikin dan yang paling memuaskan, anak-anak doyaaan bgt...
alhamdulillaaah...

8 komentar:

  1. kue soes ? kagak bakal nolak deh kalo diberi mb Lina...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, sayangnya udah habis mba... Hehehe... Langsung diserbu sama anak2, mereka makanin banyak sampe gak makan nasi... Kekenyangan kali... :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. suka sama aku atau soesnya...???
      Hayooo... Ngakuuu...

      Hapus