http://btemplates.com/2010/blogger-template-cook-notes/

Senin, 10 Juni 2013

Pie Apel

bismillaah...

gaya nya diriku... hehehe... hari ini bikin Apple Pie...
resep dari nyontek ke Mbak Hesti's Kitchen makacih mbakyu untuk resepnya yang yahuud dan cocok dicontek sama newbie macam diriku ini... hahay...

waktu beli cetakan ini, kan banyak macem-macem bentuknya untuk bikin pie, nah pilihan jatuh pada cetakan yang di atas itu, kata yang jaga tokonya ini juga bisa untuk pie, yo wes, liat bentuknya kok cantik, mudah-mudahan bisa dipakai bikin pie beneran... hehe...

di kulkas ada 2 biji apel yang gak laku-laku. langsung eksekusi bikin Apple Pie...

ini resepnya yah, udah di sesuaikan dengan ketersediaan bahan :

bahan kulit :
- 300 gr tepung terigu serbaguna
- 150 gr margarin
- 5 sdm gula pasir (menurutku kemanisan, lain kali mau dikurangi separuhnya aja)
- sejumput garam
- 2 kuning telur
- 5 sdm air dingin

campur semua bahan di atas, aduk dengan sendok kayu, jangan diuleni yah, karena akan membuat hasil pie jadi keras. setelah dapat dipulung, simpan di kulkas sementara mengolah bahan isian.

bahan isian :
- 1 buah apel, kupas, potong dadu kecil
- 3 sdm gula pasir
- 5 - 7 sdm air
- 1 sdm margarin
- 2 sdm tepung sagu

panaskan gula dan air hingga mendidih, masukkan potongan apel, masah hingga apel lunak. masukkan margarin hingga mencair, terakhir masukkan tepung sagu, aduk, matikan api. aduk terus hingga merata.

penyelesaian :
buat kulit pie dengan mengambil sedikit demi sedikit adonan dan ratakan pada permukaan cetakan, usahakan tebalnya sedang dan rata ukurannya. beri isian apel, tutup bagian atas pie. oven hingga berwarna cokelat...

siap disajikan... ketika masih hangat memang masih agak lembek kulitnya, tapi setelah adem akan mengeras dan garing bila digigit...

hmmm.... wangi banget dapurnya, wangi khas telur dan wangi apel, gula, wuiiihh... mantep...
untuk isiannya, mungkin aku terlalu lama masaknya sehingga jadi kaya selai gitu, lembut tapi masih ada sedikit kenyal apelnya...
gak tahu aslinya harus yang bagaimana, but, aku lumayan puas dengan hasilnya yang seperti ini...




4 komentar:

  1. aku malah belum pernah bikin pie padahal udah punya cetakannya. kirimi dooongg...

    BalasHapus
  2. hayu atuh bikin mba...
    enak, renyah di luar lembut di tengahnya... hehe...
    mungkin lain kali pake selai nanas aja, kata anak perempuanku, enakan pake selai nanas bu, jadinya kaya nastar...
    pas dirasa-rasa, bener juga... hehehe...

    BalasHapus
  3. naksiir cetakannya Mbak...cantik banget ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ummi, murah lagi, 16ribu selusin... :)

      Hapus